Rabu, 18 Maret 2015

business for students

JAKARTA - Perekonomian Indonesia bisa saja bertumbuh, tetapi tidak berarti para lulusan perguruan tinggi kian mudah mencari pekerjaan yang baik. Pasalnya, pasar tenaga kerja sangat kompetitif. 

Bahkan, jika Anda sangat berkualifikasi untuk suatu posisi, tidak ada jaminan Anda akan mendapatkannya. Tidak heran, kini banyak mahasiswa mencoba peruntungan dengan membuka usaha sendiri. 

Business News Daily, Minggu (11/5/2014) melansir beberapa ide yang bisa Anda contek. 

Perusahaan pakaian 

Kamu yang jago mendesain bisa mencoba membuka line fesyen sendiri dan memulai usaha pakaian independen. Keterampilan mejahit akan sangat membantu. Tetapi, langkah berikutnya adalah menemukan rekan yang mau diajak kerjasama dalam pengembangan bisnis, misalnya untuk proses produksi massal. Kamu juga perlu belajar tentang strategi marketing untuk mendukung kesuksesan usaha. 

Penulis konten 

Di era sosial media dan informasi 24 jam ini, para individu kreatif seperti penulis dan desainer grafis sangat dibutuhkan. Banyak perusahaan media membutuhkan pekerja freelance dan kontrak untuk menjadi penulis konten. Cara ini juga bisa menjadi alternatif dalam membangun kemampuanmu sebagai bekal ketika nanti mencari pekerjaan tetap. 

Teknisi elektronik

Setiap orang, bisa dikatakan, memiliki gadget di era informasi teknologi ini. Penggunaan yang terus menerus akan menyebabkan perangkat elektronik tersebut rusak. Jika kamu memiliki keahlian dalam bidang teknologi, coba saja buka usaha perbaikan gadget dengan harga miring. Mulailah promosi ke teman-teman sekampus yang butuh teknisi untuk segera memperbaiki gadget mereka. 

Hiburan 

Punya hobi dan keahlian jadi disk jockey alias DJ? Coba deh buka usaha hiburan (event entertainment). Koleksi musik dan laptop bisa menjadi bekalmu untuk memeriahkan pesta pernikahan, ulang tahun atau berbagai kegiatan lainnya. Kalau belum mampu membeli perlengkapan DJ, kamu bisa kok menyewanya. 

Instruktur fitnes 

Ketimbang hanya sibuk membentuk tubuh di gym, mengapa tidak mencoba menyalurkan passion-mu dalam fitnes dengan menjadi instruktur atau pelatih pribadi? Tentu saja, kamu harus melalui pelatihan khusus terlebih dahulu sebagai pelatih pribadi. Namun setelah kamu memiliki sertifikatnya, peluang pekerjaan pun menjadi lebih besar. 

Kerajinan tangan 

Mahir menyulam, membuat perhiasan atau berbagai kerajinan tangan lainnya? Jika kamu dapat membuat banyak barang secara cepat, kamu bisa membuka toko online untuk menjual hasil kerajinanmu. 

Modalnya relatif murah, apalagi jika kamu memanfaatkan limbah dari pabrik besar, misalnya dalam bentuk kain perca. Jika kamu bisa memenuhi pesanan dengan cepat, maka kamu akan segera mendapatkan laba. Bahkan, kamu juga akan bisa membuka toko sendiri. 

Konsultan sosial media 

Ini cocok banget untuk para sarjana marketing atau komunikasi; membuat firma konsultasi sosial media. Banyak perusahaan membutuhkan tim khusus yang menangani promosi mereka via sosial media. Sebagai konsultan, kamu bisa membantu perusahaan menentukan strategi terbaik, menyusun jadwal dan target audiens mereka. Seiring dengan bertambahnya follower perusahaan tersebut, demikian pula bisnis Anda. (rfa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar