Jumat, 27 April 2012

Perbedaan Jilbab dan Kerudung

(sista, ayo semua pakai jilbab)

Allah berfirman dalam surat An-Nur arat 31:
"Katakanlah kpd Wanita yg beriman : "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yg biasa nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kpda suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mreka, atau putra2x mreka, atau putra2x suami mreka, atau saudara2x laki2x mrka, atau putra2x saudara laki2x mreka, atau putra2x saudara prempuan mreka, atau wanita2x islam, atau budak2x yg mereka miliki, atau pelayan2x laki2x yang tidak mempunyai keinginan (trhadap wanita), atau anak2x yg belum mengerti tntang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yg mereka sembunyikan dan bertaubatlah kamu sekalian kpd Allah, hai orang2x yg beriman supaya kamu beruntung."" (An-Nur 31)

dan kata/istilah jilbab terdapat pada surah Al-Ahzab ayat 59:
"Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin :"Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Al-Ahzab:59)

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Kerudung adalah sejenis kain persegi empat (tidak tipis) yang digunakan untuk menutupi seluruh bagian rambut di kepala (kecuali wajah) hingga menutupi bagian dada. artinya kudung yg syar'i adalah yg menutupi badan bagian atas, sehingga bentuk/lekuk badan pun (termasuk dada) akan tertutupi oleh kain tersebut.1.
2. Jilbab adalah sejenis baju terusan (tidak tipis) longgar yang digunakan untuk menutupi seluruh badan, dari leher atas hingga telapak kaki. jadi bajunya terusan dan pakai kaos kaki....
Artinya Jilbab yg syar'i adalah yg dibuat sedemikian rupa/longgar sehingga menutupi bentuk/lekuk badan.

karena perintahnya jelas tertulis dalam wahyu Allah. Nah, dari kedua ayat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa memakai Kudung dan Jilbab bagi para Akhwat/wanita/perempuan hukumnya adalah WAJIB.
bisa dibayangkan jika semua kaum hawa di dunia ini pada pakai kudung dan jilbab secara syar'i, termasuk yg ada di media2x massa dan elektronik... waduuh,, betapa tenteram, indah dan tenang dunia ini yg diliputi tata cara islami.

waktu turunnya wahyu Allah tentang Al-Hijab (pakai kudung dan jilbab),
nah waktu Rasul SAW. mengumumkan wahyu tsb para wanita di kalangan keluarga Rasul SAW dan para sahabat langsung memakainya,, bahkan yg miskin dan tidak mempunyai kain lebar pun rela memakai kain korden/penutup jendela demi bisa memakai Hijab/kudung.
Tidak ada riwayat bahwa ada yg menunda nunda dengan alasan apapun. itu yg ane tau. jadi mohon para sista segera melaksanakan perintah Allah tsb demi kebaikan para sista sekalian


>>>Tapi sekarang ane msh dalam proses, krn blm punya uang utk beli jilbab,, hiks, tp insy baju n rok yg sekarang ane pakai sudah longgar n dpt menutup aurat dan lekuk badan insy tidak terlihat...amin...doakan ya gan, agar ane cpet bisa beli jilbab...hehehehe
Ayo teman2, kita gencarkan n kita mulai pada diri kita untuk memakai JILBAB.... krn hukumnya wajib untuk semua perempuan muslim....ajaklah teman2 agan semua untuk menjaga aurat dan kehormatan perempuan2 yang agan sayangi...

Sumber: Al-Quran, kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar